Artikel

29AGT2014

Sumut Alokasikan Anggaran Persiapan Operasional Trans Mebidang

Medan, 28/8 - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,948 miliar untuk mendukung persiapan operasional transportasi massal di wilayah Medan, Binjai, dan Deliserdang (Mebidang).

Dalam rapat paripurna DPRD Sumut dengan agenda pembahasan APBDP 2014 di Medan, Kamis, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Nurdin Lubis mengatakan, jumlah anggaran itu masuk dalam pagu anggaran yang diajukan Dinas Perhubungan.

Pengalokasian anggaran itu merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Pemrpov Sumut dengan Pemkot Medan, Pemkot Binjai, dan Pemkab Deliserdang dalam pengadaan transportasi massal di wilayah Medan, Binjai, dan Deliserdang (Trans Mebidang).

Dari jumlah itu, Rp 4,15 miliar akan digunakan untuk menjemput 30 bus bantuan Kementerian Perhubungan dari Jakarta, pengurusan administrasi kendaraan, biaya uji coba, dan persiapan peluncuran.

Sedangkan anggaran Rp 4,798 miliar lagi akan digunakan untuk membiayai operasional kendaraan Trans Mebidang selama tiga bulan.

Angota Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sumut Guntur Manurung mengatakan, pihaknya belum dapat mengomentari jumlah alokasi anggaran yang diajukan tersebut meski meyakini telah dilakukan melalui perhitungan yang matang.

Namun Pemprov Sumut perlu memperjelas lagi kewenangan dan tugas dalam operasional Trans Mebidang tersebut dengan Pemkot Medan, Pemkot Binjai, dan Pemkab Deliserdang.

Selain itu, pihaknya juga belum pernah membahas rencana operasional Trans Mebidang tersebut tersebut secara detail dengan Dinas Perhubungan Sumut.

"Dalam waktu dekat, kami akan memanggil Dinas Perhubungan untuk membahasnya," kata politisi Partai Demokrat tersebut.

 

(Antara)-(DT)