Artikel

03SEP2014

Toba Samosir Terima 159 CPNS Pelamar Umum

Balige, Sumut, 3/9 - Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, membuka kesempatan bagi 159 pelamar calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014 untuk formasi umum dengan berbagai kualifikasi pendidikan.

"Rekrutmen 159 orang CPNS itu terdiri dari tenaga pendidikan 30 orang, tenaga kesehatan 59 orang, dan tenaga teknis 70 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Toba Samosir Kasten Panjaitan di Balige, Rabu.

Mekanisme penerimaan CPNS pada 2014, kata dia, berbeda dengan sebelumnya. Pendaftaran dilakukan secara dalam jaringan ke portal Panitia Seleksi Nasional https://panselnas.menpan.go.id atau https:/regpanselnas.menpan.go.id dengan memasukkan nomor induk kependudukan serta data lain yang diperlukan.

Setelah registrasi berhasil, pelamar kemudian mendaftar secara dalam jaringan ke portal https://sscn.bkn.go.id, kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi berkas oleh pihak pelaksana seleksi.

Kasten mengimbau para pelamar dapat mengikuti petunjuk pendaftaran dalam setiap tahapan dengan cermat, mulai dari registrasi hingga pendaftaran secara dalam jaringan.

Setelah proses registrasi dan pendaftaran, pelamar harus mengantarkan langsung surat lamaran beserta dokumen pendukung ke Kantor BKD Kabupaten Toba Samosir Jalan A.B, Silalahi, Komplek Perkantoran Simanjalo, setiap hari kerja, mulai 8-19 September 2014.

"Surat lamaran tersebut harus diantar langsung dan tidak diperkenankan untuk diwakilkan," katanya.

Agar formasi penerimaan pelamar umum itu dapat segera tersosialisasi, pihaknya segera mengedarkan pengumuman ke kantor-kantor pemerintahan hingga tingkat Kecamatan.

Formasi penerimaan CPNS untuk Kabupaten Toba Samosir dapat juga diunduh pada portal Panselnas Menpan dan blog humastobasa.wordpress.com.

Ia mengatakan jika ada hal-hal yang perlu diketahui para pelamar terkait dengan penerimaan CPNS formasi pelamar umum tersebut, mereka bisa datang langsung ke Kantor BKD setempat.

Dia mengatakan proses seleksi dilakukan dengan sistem computer asisted test (CAT) secara dalam jaringan, sedangkan materi ujian, meliputi tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB).

"Para pelamar jangan terpengaruh dengan isu-isu pencaloan. Apabila ada hal-hal yang kurang dipahami dapat langsung ditanyakan kepada kami," ujar Kasten.

 

(Antara)-(DT)