Artikel

12SEP2014

Wagubsu Buka Festival Budaya Sumatera Utara

Medan, 11/9 - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi membuka secara resmi Festival Budaya Sumatera Utara yang selenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut di Merdeka Walk, Kamis (11/9) Medan.

Pembukaan ditandai dengan penekan bunyi sirine disaksikan langsung oleh beberapa pejabat Pemprovsu, mewakili unsur pimpinan FKPD Sumut dan beberapa turis manca negara.

Wagubsu dalam kesempatan itu berharap dengan dibukanya event tersebut dapat menarik wisatawan baik domestik maupun internasional.

"Jadikan event ini untuk penambah motivasi dalam melestarikan seni dan budaya yang beragam di Sumut juga akan menarik minat para pengunjung," kata wagubsu dalam sambutannya.

Dia mengatakan, Festival budaya ini selain sebagai sarana menumbuhkan dan melestarikan seni budaya tradisional Sumut, juga dapat dijadikan sarana promosi untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumut.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, nyatalah bahwa perbedaan budaya tidak menghalangi kita untuk berinteraksi dan saling memahamu antara satuy sama lain dan terus memupuk sikap kebersaman, harmonisasi dan toleransi untuk saling menghormati.

"Hal ini merupakan “SABUK PENGAMAN” yang ampuh untuk mengeleminir potensi konflik," katanya.

Buktikan pula, lanjutnya, bahwa harmonisasi yang ada di Sumut bukan bersipat semu atau insklusivisme, melainkan harmonisasi yang dinamis siap berinteraksi posistif. Sehingga wisatawan yang adatang akan kagum dengan gambaran harmonisasi dan warna warni budaya ini dan semakin terpikatlah mereka untuk datang ke Sumut.

"Itulah sebabnya pemprovsu menyambut baik atas digelarnya event ini dan diharapkan tidak sekedar rutinitas melainkan mampu membangun dan melestarikan dan meningkatkan apresiasi seluruh masyarakat terhadap khazanah budaya bangsa," katanya.

Sumut, kata dia, berada di posisi startegis yang merupakan perlintasan bagi wisatawan baik itu domestik maupun manca negara.

"Kita punya bandara besar, pelabuhan belawan pelabuhan tanjung balai dan lainnya maka manfaatkan posisi kita itu, sehingga pengunjung akan ramai berdatangan ke Sumut ini," katanya.

Wagubsu mengatakan akan selalu mendukung event seni budaya yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota di Sumut ini, sehingga daerah itu bisa menjadi desnitasi wisata seni dan budaya baik nasional maupun Internasional.

Sementara Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Elisa Marbun melaporkan mengatakan festival ini merupakan event tahunan yang akan berlangsung 11- 13 September 2014, di Merdeka Walk, Medan.

"Kegiatan yang dilaksanakan adalah Festival Tari Zapin Kreasi Melayu, Pagelaran Etnis Sumut, Karnaval Budaya, Pagelaran Budaya dari Provinsi Riau, Fashion Show Budaya daerah Sumut," katanya.

Tujuannya, untuk menambah atraksi wisata sekaligus meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Sumut juga menciptakan iklim kebersamaan para seniman dari daerah untuk saling mengena serta menumbuhkan seni budaya Sumut.

"Disamping itu juga bertujuan untuk memberikan hiburan sehat, edukatif dan kreatif bagi masyarakat sehingga meningkatkan kecintaan dan kreatifitas serta kecintaan juga kebanggaan terhgadap seni budaya Sumut," katanya.

(Humas Pemprovsu)-(Er)