Artikel

26JUL2024

Pj Gubernur Agus Fatoni Beberkan Cara Wujudkan Sumut Mantap dan Harmoni

JAKARTA, 26/7 -  Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengungkapkan cara mewujudkan ‘Sumut Mantap dan Harmoni’ sebagai aksi nyata dalam percepatan pembangunan daerah. Hal tersebut disampaikannya saat wawancara di program Teras Negeri di Studio Tempo, Jakarta, Jumat (26/7/2024). 

 

"Mantap mencapai target pembangunan dalam kondisi makro ekonomi yang baik dan dilakukan selaras dalam kondisi aman dan tertib. Ini perlu dilakukan mengingat keberagaman masyarakat Sumatera Utara," kata Fatoni.

 

Fatoni mengatakan terdapat sejumlah program prioritas guna mewujudkan ‘Sumut Mantap dan Harmoni’. Di antaranya sukseskan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, pengendalian inflasi, penurunan pravelensi stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, penanggulangan bencana dan penanganan penyalahgunaan narkoba. 

 

 

Ini merupakan bagian dari 111 indikator keberhasilan Pj Gubernur yang menjadi tuntutan pemerintah pusat. Untuk itu, menurutnya, dibutuhkan gerakan serentak oleh seluruh lapisan masyarakat untuk memenuhi target-target tersebut. 

 

"Perlu dilakukan kerja sama dan sinergi semua pihak, mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota bersama Forkopimda, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, tokoh agama, serta tokoh masyarakat, bergerak membangun serentak dan membangkitkan kebanggaan sebagai warga Sumatera Utara," ucap Fatoni, menjawab pertanyaan host Tempo Rini Kristiani. 

 

Terdapat perubahan signifikan terkait inflasi di Sumut selama Fatoni menjabat sebagai Pj Gubernur Sumut, yaitu dari 4,26% pada bulan Mei menjadi 3,35% pada bulan Juni atau turun 0,91%. Menurut Fatoni, prestasi tersebut harus terus dipertahankan dengan menjaga kestabilan keamanan dan ekonomi.  

 

Kemudian, terkait pelaksanaan Pilkada Serentak, Fatoni menegaskan untuk menciptakan Pilkada aman, tertib dan damai serta sesuai dengan regulasi. Tak hanya itu, sinergi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Koordinasi Pimpinan Derah (Forkopimda) dan stakeholder lainnya juga sangat penting. Tak ketinggalan, menjaga netralitas ASN, kelancaran distribusi logistik, monitoring perkembangan politik, mitigasi konflik sosial, sosialisasi dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat juga perlu dijaga.

 

"Tentunya harus berdasarkan regulasi, sinergi dengan OPD, Forkopimda dan stakeholder, memantau perkembangan politik, menegakkan netralitas ASN, kelancaran distribusi logistik, deteksi dini kemungkinan konflik sosial, sosialisasi, memberi pendidikan politik ke masyarakat. Dan yang terpenting adalah mempercepat penyaluran anggaran untuk kebutuhan KPU, Bawaslu dan keamanan," ujar Fatoni, yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus.**(H15/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)