Artikel

30AGT2024

Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Kinerja Terbaik Bidang Ekonomi Daerah

JAKARTA, 30/8 - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menerima penghargaan kinerja terbaik bidang ekonomi daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Tempo Media Group. Penghargaan tersebut diterima Fatoni pada Malam Apresiasi Kinerja Kepala Daerah di The Tribrata Hotel and Convention, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

 

Fatoni membeberkan sejumlah strategi yang dilakukannya guna meningkatkan perekonomian daerah. Salah satunya dengan mencanangkan berbagai Gerakan Serentak.

 

“Saya akan terus mencanangkan gerakan serentak, dengan gerakan serentak semua permasalahan bisa diselesaikan dengan efektif, efisien, terukur dan selaras antara pemegang kebijakan di daerah,” kata Fatoni.

 

 

Sebelum bertugas di Sumut, Fatoni juga telah mencanangkan berbagai gerakan serentak di Provinsi Sumatera Selatan tempatnya menjabat sebagai kepala daerah sebelumnya. Dirinya menargetkan percepatan pembangunan melalui gerakan serentak.

 

Sementara itu, di Sumut sendiri dirinya telah mencanangkan berbagai gerakan serentak, khususnya di bidang perekonomian. Mulai dari Gerakan Serentak Penanganan Stunting se-Sumut, Gerakan Serentak Pembangunan se-Sumut dan Gerakan Memberikan Tablet Tambah Darah Serentak se-Sumut.

 

Selanjutnya, Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumut, Gerakan Kesetiakawanan Sosial Serentak se-Sumut, Gerakan Serentak Lindungi Pekerja Rentan se-Sumut, Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumut, Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumut, Gerakan Berkoperasi Serentak se-Sumut dan Gerakan Inovasi Serentak se-Sumut.

 

Pada bulan Juli lalu, inflasi Sumut secara year on year (YoY) tercatat sebesar 2,06%. Bahkan angka tersebut berada di bawah nasional, yaitu 2,13%. 

 

“Diharapkan dengan Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak, angka yang sudah menunjukkan hal positif itu terus terkendali,” ucap Fatoni.

 

Selain itu, Fatoni juga mengatakan melalui Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan mendongkrak perekonomian di Sumut. Dirinya optimis sektor perhotelan, wisata, kuliner akan ramai selama event olahraga akbar tersebut berlangsung. 

 

“PON ini tentunya memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumut, perekonomiannya terdongkrak, maka dari itu kami ajak masyarakat untuk bersama sama kita menyukseskan PON, kita sambut para tamu yang akan datang di daerah kita,” ujar Fatoni.

 

Selain itu, Fatoni juga mengajak masyarakat untuk menjaga iklim kondusivitas yang selama ini telah terjaga. Mengingat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan sebentar lagi.

 

“Kondusivitas juga ada hubungannya dengan perekonomian, dengan iklim yang kondusif, maka investor akan masuk perekonomian pun terdongkrak, tenaga kerja terserap, mengingat pilkada serentak akan dilaksanakan sebentar lagi. Saya mengajak masyarakat untuk menjaga kondusivitas wilayah,” ujar Fatoni.**(H17/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)